Menu Close

Profil Cristiano Ronaldo Real Madrid, No Punggung 7 Keramat!

Profil Cristiano Ronaldo Real Madrid, No Punggung 7 Keramat! – Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro (lahir 5 Februari 1985) adalah pemain sepak bola Portugal yang bermain sebagai penyerang untuk Manchester United di Liga Utama Inggris, Juventus, Sporting CP, bahkan Real Madrid dan juga merupakan kapten tim nasional Portugal. Sering dianggap sebagai pemain terbaik di dunia, Ronaldo memenangkan lima Penghargaan Emas dan empat Sepatu Emas Eropa.

Sejauh ini dia telah memenangkan 32 trofi dalam karirnya, termasuk tujuh gelar liga, lima Liga Champions UEFA, satu Kejuaraan Eropa UEFA dan satu Liga Bangsa-Bangsa UEFA. Ronaldo memiliki gol terbanyak (134) dan assist (42) di Liga Champions, gol terbanyak di Kejuaraan Eropa UEFA (14) dan gol internasional terbanyak oleh pemain pria (111).

Dia adalah salah satu dari sedikit pemain yang telah memainkan lebih dari 1.100 pertandingan dan mencetak lebih dari 780 gol resmi untuk klub dan negara dalam karir profesionalnya.

Lahir dan dibesarkan di Madeira, Ronaldo memulai karir klub seniornya dengan Sporting CP sebelum menandatangani kontrak dengan Manchester United pada tahun 2003 pada usia 18 tahun dan memenangkan Piala FA di musim pertamanya.

Oke mari coba kita bahas lebih dalam perjalanan karir Cristiano Ronaldo Real Madrid dibawah ini! jangan lupa baca profil Benzema Real Madrid.

 

Perjalanan Karir

 

Sporting CP

Pada usia 16 tahun, Ronaldo dipromosikan dari tim muda Sporting ke tim utama oleh manajer László Bölön, yang terkesan dengan sentuhannya. Dia menjadi pemain pertama yang bermain untuk tim U-16, U-17 dan U-18 B dan tim pertama klub dalam satu musim. Setahun kemudian, pada 29 September 2002, Ronaldo melakukan debutnya di Liga Primeira melawan Braga dan mencetak dua gol saat Sporting mengalahkan Moreirense 3-0 pada 7 Oktober.

Selama musim 2002-03, manajer Liverpool Gérard Houllier melewatkan kontrak Ronaldo. Sementara manajer Arsène Wenger, yang tertarik untuk mengontrak Ronaldo, bertemu dengannya di markas Arsenal pada bulan November untuk membahas kemungkinan pindah.

 

Manchester United

Setelah pertandingan persahabatan, Ronaldo diboyong ke Manchester United. Sebelum bermain untuk klub, Sir Alex Ferguson bertanya kepada Ronaldo nomor berapa yang dia harapkan. Cristiano Ronaldo menjawab 28 karena itu adalah nomor favoritnya. Tapi Sir Alex Ferguson mengatakan tidak, mulai sekarang nomor bajunya adalah 7. Di Manchester United, nomor 7 adalah pemain legendaris yang membawa Manchester United ke puncak kejayaan. Dan Sir Alex Ferguson memberikan nomor baju keramat itu. karena sebagai bentuk apresiasi atas bakatnya yang brilian. Dia bermain 196 kali dan mencetak 84 gol.

 

Real Madrid

Pada tanggal 1 Juli 2009, ia pindah ke klubnya saat ini Real Madrid dengan biaya rekor £80 juta, atau sekitar R1,3 triliun. Itu membuatnya menjadi pemain termahal dalam sejarah sepak bola saat itu. Dia bermain 81 kali untuk Real Madrid dan mencetak 87 gol.

Pada musim La Liga 2010/2011, Ronaldo menduduki peringkat teratas pencetak gol terbanyak di La Liga dalam satu musim, dengan total mencetak 40 gol.

  • Dia juga mencetak 15 gol di El Clasico
  • Pencetak gol terbanyak di UCL dalam 1 musim (2013/14) dengan 17 gol
  • Hat-trick melawan Galatasaray (1-6)
  • 2 gol melawan Kopenhagen (4-0)
  • 2 gol melawan Juventus (2-1)
  • 1 gol melawan Juventus (2-2)
  • 1 gol melawan Kopenhagen (2-0)
  • 2 gol melawan Schalke (1-6)
  • 2 gol melawan Schalke (3 -1 )
  • 1 gol melawan Dortmund (3-0)
  • 2 gol melawan Bayern Munich (0-4)
  • dan 1 gol di final UCL 2014 di Lisbon setelah mengalahkan Atletico Madrid 4-1 setelah 120 menit dari titik penalti jatuh dalam tendangan bebas Godin.

Pada musim 2015–16, ia mencetak gol penentu kemenangan bagi Real Madrid di Final UCL 2016 melawan Atletico Madrid. Melalui adu penalti ketika skor 1-1 dan dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Real Madrid memenangkan UCL 2016 dengan skor 5-3.

 

Juventus

Ronaldo sempat menginjakkan kakinya di klub besar Italia yakni Juventus. Ia disana cukup membantu banyak di lapangan bersama rekan rekannya. Contohnya ketika Juventus dihajar skor seingat mimin 2-0 melawan Atletico Madrid. Tapi akhirnya bisa comeback menjadi 3-2 dipertandingan berikutnya, dan itu berkat gol gol ronaldo salah satunya.